Yunus Emre

Knowledge should mean a full grasp of knowledge: - Yunus EmreYunus Emre diperkirakan hidup sekitar tahun 1240–1321 M di sekitar Anatolia, Turki. Beliau merupakan salah seorang Bapa Penyair bangsa dan bahasa Turki. Hidup sezaman dengan Maulana Jalaluddin Rumi dan dalam legenda-legenda sering diceritakan pertemuan mereka, menunjukkan sohbet-sohbet yang akrab walaupun keduanya berasal dari tarekat yang berbeda. Diksi-diksi yang digunakan Yunus Emre dalam karya-karyanya masih populer di wilayah Barat dan Tengah Anatolia, dan masyhur digunakan dalam karya-karya sastera rakyat seperti pantun dan syair, serta pepatah, dan lagu-lagu rakyatnya.

Dikisahkan mengabdi selama empat puluh tahun sebagai murid Tapduk Emre, murid dari Haji Bektash Wali, dari seorang petani menjadi seorang penyair yang mampu mengungkapkan pengalaman-pengalaman mistis dengan gaya bahasa atau ungkapan-ungkapan yang sederhana, terang dan mudah difahami oleh pendengar/pembacanya sehingga dengan mudah dilisankan dan juga dinyanyikan sebagai lagu rakyat/pedesaan.

Sementara Rumi telah dikenal dan masyhur di kalangan cendekiawan dan bangsawan yang menggunakan bahasa Persia, Yunus Emre justru masyhur di kalangan lapisan rakyat jelata yang tidak terpelajar dan biasa menggunakan bahasa Turki sehari-harinya.
Bookmark and Share
Tags: ,

    You may also like :

bepemedia

Creative Communication Solutions
Internet Solutions

0 comments

Leave a Reply