Aku adalah Nasionalisme Revolusioner - Bung Karno

Pertanyaan lain yang akan diajukan ialah
Apakah Soekarno seorang komunis?

Aku adalah seorang indifidualis
Manusia yang congkak dengan suara batin yang menyala-nyala
Manusia yang mengakui bahwa ia mencintai dirinya sendiri
Tidak mungkin menjadi satelit yang melekat pada bangsa lain
Aku tidak mungkin menghambakan diri
Pada dominasi kekuasaan mana pun juga
Aku tidak mungkin menjadi boneka

Orang komunis menginginkan satu bangsa duni
Mereka meniadakan nasionalisme
Untuk kepentingan internasionalisme
Aku adalah seorang nasionalisme revolusioner
Seorang ultra-nasionalis
Seorang supra-nasionalis

Bukankah Komunisme dan Soekarnoisme
mempunyai perbedaan-perbedaan ideologis?
Bookmark and Share
Tags:

    You may also like :

bepemedia

Creative Communication Solutions
Internet Solutions

0 comments

Leave a Reply